HARGAILAH KEBUDAYAAN SEPERTI ENGKAU MENGHARGAI DIRIMU SENDIRI
Masukan, pertanyaan, kritikan, saran, dll. silakan kirim email ke joramadhan3@gmail.com atau telp : Senin-Jumat (14.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2010 JOMC - MC for around the world_Me_Myself_N_MyMicrophone.
 
KESIMPULAN
       Kebudayaan merupakan hasil kreasi manusia yang tidak dibentuk hanya dalam waktu hitungan jari, baik itu jari tangan maupun kaki. Kebudayaan dibentuk dari awal kehidupan manusia, sampai akhir kehidupan manusia. Oleh karena itu, kebudayaan memang seharusnya dan selayaknya kita pertahankan dan lestarikan keberadaannya. Disamping untuk menghormati segala yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita, kebudayaan merupakan hal yang amat berharga dan tidak tergantikan.

       Masyarakat Jawa merupakan satu dari sekian banyak masyarakat dari berbagai suku di Indonesia. Masyarakat Jawa, yang dulu dikenal dengan batiknya, serta berbagai adat istiadat serta kebiasaan yang unik, kini berganti dengan masyarakat Jawa yang dikatakan “Gaul”. Lunturnya kebudayaan yang indah ini, disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya adalah globalisasi, modernisasi, konsumerisme, serta turisme. Hal-hal tersebut saat ini sudah membunuh puluhan, ratusan, bahkan ribuan kebudayaan Jawa yang unik dan diagung-agungkan oleh bangsa lain.

       Berdasarkan uraian di atas, kita sebagai remaja (bagi yang masih remaja dan merasa remaja) harus berusaha sebisa dan sebaik mungkin menjaga kebudayaan yang telah terbentuk. Karena pembentukan Kebudayaan membutuhkan waktu yang amat sangat luar biasa lama sekali.

       Dan saat ini, seperti yang kita semua telah sadari, kebudayaan daerah, Jawa khususnya mulai luntur tergantikan oleh Kebudayaan Barat yang di agung-agungkan oleh generasi muda. Padahal orang-orang Barat yang kita "tiru" gayanya itu lebih menghargai budaya daerah asli Indonesia. Karena mereka lebih menghargai originalitas suatu kebudayaan. Selain itu, klaim-klaim dari negara tetangga atas kebudayaan kita juga membuktikan bahwa kebudayaan yang kita miliki adalah salah satu kebudayaan paling luar biasa di dunia.

       Berdasarkan uraian di atas sudah seharusnya kita mulai bangga akan budaya kita sendiri, dan melestarikannya dengan sebaik dan sebisa mungkin. Oleh karena itu, "SELAMATKAN BUDAYA SEBELUM HILANG ENTAH KEMANA"